Pengalaman Kuliah di Amerika Melalui YSEALI Academic Fellowship Program

Pengalaman Kuliah di Amerika Melalui YSEALI Academic Fellowship Program

 




Halo teman-teman! Oke tanpa berlama-lama hari ini gue mau sharing sedikit pengalaman yang udah lama juga sih, tepatnya di tahun 2017. Jadi tahun 2017 gue dapat kesempatan untuk kuliah singkat ke Amerika Serikat tepatnya di Illinois  melalui program YSEALI Academic Fellow. Nah sekedar gambaran, jadi program YSEALI Academic Fellow ini menyasar para pemuda yang punya kontribusi di masyarakat dengan berbagai bidang di negara-negara ASEAN untuk kuliah singkat di salah satu universitas di Amerika Serikat. Karena isu gue itu tentang HAM jadi gue ditempatin di Northern Illinois University. Oh iya saja juga ingin membagikan beberapa tips dan pengalaman ketika saya mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat, silakan teman-teman bisa klik link dibawah ini : 

    a. 10 tips lolos beasiswa YSEALI Academic Amerika : Click here

    b. 5 tips membuat surat rekomendasi beasiswa : Click here

    c. Pengalaman mendapatkan beasiswa YSEALI Amerika : Click Here

    d. 7 tips interview beasiswa luar negeri : Click Here

Nah foto diatas ini adalah gedung yang menjadi icon di Northern Illinois University, dan ini adalah salah satu spot favorit gue sih. biasanya kalo habis belajar di kelas gue mampir ke tempat ini terus duduk-duduk di depan gedung. biasalah sambil menikmati lalu lalang orang-orang siapa tau ada yang nyangkut yakan hahaha

Selama disana kegiatannya ngapain aja?

1.       Kegiatan Kelas

Ada beberapa kegiatan sih yang gue jalanin selama disana, pertama tentunya belajar di kelas. Jadi kelas mulai jam 9 pagi sampe jam 4 sore, setelah itu nanti jam 7 malam akan ada dosen gitu yang nyamperin kita di asrama (karena emang kita stay di Asrama) tugas dosen ini adalah ngajak diskusi tentang buku yang mereka kasih ke kita. Jadi setiap malam kita wajib baca dan review satu chapter buku nanti dosen ini yang tanya-tanya gitu deh. Jujur ya guys, bagi gue ini kegiatan yang sangat melelahkan hahaha. Karena udah pusing di kelas eh malemnya disuruh review, kadan guepun gak tidur loh karena tiap chapter halamannya gak sama, ada yang lebih banyak ada yang sedikit. Apalagi Bahasa inggris, yang bukan Bahasa ibu gue yakan, jadi selain baca guepun harus memahami kan pusing wkwkwkwkw

Oh iya selama di kelas, mata kuliah yang gue pelajari waktu itu pokoknya hal-hal yang berbau HAM. Misalnya hak perempuan, hak anak-anak, hak disabilitas dan juga kita belajar sejarah HAM gitu seperti slavery terhadap masyarakat African-American, terus belajar soal Marthin Luther King dll. Tapi yang menurut gue keren meskipun memusingkan adalah jadi setelah kita mempelajar itu semua di kelas, di hari sabtu kita akan dibawa ke museum yang bersangkutan dengan materi yang udah kita pelajari. Jadinya mudah untuk diserap gitu loh guys.

2.       Kunjungan ke Museum

Nah seperti yang gue singgung dikit di atas, setiap sabtu kita akan pergi ke museum gitu loh. Untuk mempelajari apa yang kita sudah pelajari di kelas lebih luas. Nah tapi, kalian jangan keenakan dulu, di museum pun kita masih harus tetap belajar hahaha jadi bukan cuman buat foto-foto doang. Misalnya setiap selesai kunjungan dari museum dosen akan nanya ke kita apa yang kita dapetin selama di museum dan relevansinnya dengan yang sudah kita pelajari di kelas itu seperti apa. Kadang ini memusingkan juga sih guys hahahaha karena belajar HAM itu kadang harus dirunut gitu loh dari awal banget supaya lebih paham. Karena program gue singkat di Amerika, jadi emang dipadetin gitu loh akhirnya mual dong otak gue hahahha

3.       Melakukan kegiatan volunteering

Nah ini nih kegiatan yang paling gue suka, jadi selain hari sabtu kita ke museum, kitapun akan diajak ke lembaga-lembaga HAM gitu untuk melakukan kegiatan volunteering disana. Misalnya, waktu itu gue diajak ke subuah lembaga bernama “Feed Africa” kalo gak salah. Jadi lembaga inituh menyediakan makanan gitu yang akan mereka kirim ke negara-negara Afrika, dan pada saat itu gue dan temen-temen gue yang lain bantu-bantu disana. Ini seru banget sih menurut gue.

4.       Seminar dan Presentasi Projek

Jadi selain acara di kelas dan volunteering, kitapun ada beberapa acara seminar gitu. Waktu itu ada seminar soal ASEAN dan yang ngadainnya dari konsulat Indonesia yang ada di Chicago terus acaranya di kampus gue gitu. Dan itu seru banget sih guys, maklum lah kadangkan kalo di Indonesia pengen ketemu pejabat aja susah yakan tapi kalo pas ginimah gampang banget hahaha. Waktu itupun ada acara kunjungan kerja sama dari Gubernur Kalimantan Utara, jadi pemerintah Kaltara akan melakukan kerja sama gitu dibidang pendidikan bersama Northern Illinois University.




Komunitas orang Indonesia di Northern Illinois University

Ini yang gak gue sangka sih, ternyata lumayan banyak loh orang-orang Indonesia yang kuliah dan jadi dosen disini hehe. Dan mereka baik banget waktu itu, jadi kalo ada acara makan-makan mereka selalu undang kita-kita gitu. Ya… gimana gak seneng yakan, kadang kitapun kan kanget makanan Indonesia nah pas mereka masak terus ngundang kita ya gak akan kita tolak hahahaha.

Oh iya yang paling unik itu disini juga ada mata kuliah Bahasa Indonesia loh hehehe, jadi jangan heran kalo ada mahasiswa bule yang bisa Bahasa Indonesia. Selain mata kuliah, juga di perpustakaannya ada spot khusus buat buku-buku Indonesia, misalnya banyak banget novel-novel Indonesia, terus buku-buku jadul yang mungkin akan sulit ditemukan di perpustakaan di Indonesia hehehe.

Nah foto diatas adalah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh S2 atau S3 bahkan jadi pengajar di Northern Illinois University. Yang paling kaget gue ketemu dosen fakultas gue yang di Indonesia, karena ternyata dia lagi ngelanjutin studinya disana hahahaha

Kegiatan lain selama di Kampus?

Well yah kalo di lingkungan kampus sendiri sih, biasalah memanfaatkan fasilitas yang ada. Misalnya fasilitas bowling kayak digambar dibawah ini.

Well sebenarnya saat itu pertama kali gue maen bowling tau hahaha, tapi lumayan jago juga sih gue hahahaha. maklum di kampung gue kagak ada permainan bowling guys hahaha

Nah selain itu waktu itu juga ada kegiatan march gitu untuk memperingati orang-orang yang meninggal karena perjuangan HAM di Amerika. 




Jadi dikegiatan ini biasalah ada pidatonya gitu dulu, terus kita keliling kompleks kampus, rame banget sih dan gue suka. karena sambil jalan-jalan keliling, kita banyak ngobrol sama orang-orang disana. lumayankan nambah teman dan pengetahuan juga.

Oh iya gue juga mau nunjukin Asrama gue salama disana, asramanya emang gak jauh dari kelas gue. palingan adalah 50 meter gitu, dan di asrama satu kamarnya dua orang. gue satu kamar sama orang Filipina, kebayangkan gimana bawelnya hahahaha. Ya...maklumlah setau gue orang-orang Filipina emang kompetitif banget orang-orangnya. ehhh tuhkan jadi gibah jadinya hahahaha. Nah kadang juga gue suka nongkrong depan asrama, sambil baca buku dan cuci mata yakan hahahaha. Lagi-lagi jiwa jomblo gue keluar deh hahaha





Nah foto di atas adalah lagoon gitu loh guys, jadi universitasnya emang punya lagoon. dan ini adalah salah satu tempat favorit gue kalo lagi males berkerumun sama orang-orang. enaknya kesini tuh sore atau pagi. biasanya banyak burung sama bebek-bebek gitu, aahhhh jadi kangen tuhkan sama tempat ini. yang bikin gue paling iri itu ketika banyak loh pasangan-pasangan lansia yang jalan-jalan sambil bawa anjing, kayaknya tuh romantis banget. 

Nah kalo ini kompleks kampusnya, ini gak gue foto semua sih karena luas banget. foto ini gue ambil pas gue didalem kelas. 


Oh iya gue juga mau ngenalin kalo foto di atas namanya Sarah! coba tebak, dia temen gue atau dosen gue? hahahaha meskipun keliatannya masih muda, tapi emang dia dosen sih guys. dia adalah orang yang tiap malem dateng ke asrama buat memandu diskusi dan bahas buku yang harus kita baca. 

Apa yang lo suka dan tidak suka saat kuliah singkat disana?

Well jujur ya banyak hal yang gue suka disini sih, misalnya dari dosennya yang tepat waktu banget. jadi jam masuk kelas itukan jam 9 pagi nah si dosen udah ada dikelas 30 menit sebelumnya. pokoknya selalu ontime dan gak pernah telat itu sih yang gue suka dan beda banget sama dikita yang dosennya sebagian sering telat hehe. Terus juga, dosennya seru-seru dan no judgement gituloh guys. jadi gini, waktu itu kita masuk kelas mata kuliah Asia Tenggara dan mahasiswanya emang bule-bule semua. terus dosennya nanya "Kenapa kamu mau ambil mata kuliah ini?" hampir semua mahasiswanya bilang gini "I dont know, just wanna try it" "Karena kakekku pernah traveling kesana" "Penasaran aja"

Cobadeh bayangkan kalo kalian ditanya sama dosen Indo, terus kalian jawabnya kayak gitu. gue yakin pasti kalian ditegur atau bahkan dimarahin yakan hahaha. jadi selama gue belajar disana gue gak pernah ngerasa beban even mata kuliah dan bacaannya seabrek dan bikin pusing. 

Yang gue kurang suka sebenarnya sih gak ada ya, kadang capek aja sih. karena sampe gak bisa tidur karena bacaannya terlalu banyak gitu. tapi mungkin itu lebih kepada ngajarin kita buat kerja keras, istilahnya gak ada sesuatu kesuksesan yang bisa kita capai hanya karena leha-leha doang yakan hahaha

Okedeh ceritanya segitu dulu, nanti gue akan lanjut! kalo kallian ada pertanyaan silakan tulis dikomen


Post a Comment

0 Comments

close