TIPS BEASISWA KE AMERIKA (YSEALI)

TIPS BEASISWA KE AMERIKA (YSEALI)


"Ma, Acep pengen ke Amerika tapi pakai beasiswa"

Gue masih ingat, pertama kali gue ngomong begitu saat berada di kelas 1 SMA. Setiap kali orang tua jenguk gue di sekolah (karena gue sekolah di boarding school) yang selalu gue ucapin adalah keinginan gue untuk belajar di Amerika Serikat. Respon orang tua memang kurang mengenakan sih awalnya contohnya ibu gue selalu bilang "Kalau bermimpi jangan ketinggian nanti sakit kalo jatuh" tapi gue yakin sih di dalam hatinya mah tetap doanya tak berhenti agar mimpi gue terkabul. Nah waktu itu,  adalah sebuah beasiswa ke Amerika khusus untuk kelas 1 SMA kalo gak salah namanya AFS. Tapi well gue gagal alias gak lolos.

Foto Barack Obama dan US Capitol di Bawah Bantal

Semenjak di SMA setelah gagal dapetin AFS gue coba apply beberapa program dimulai dari konferensi dan beasiswa lain yang berbau Amerika. Selama itupun gue terus gagal, namun hal sederhana yang bisa membuat gue tetap semangat adalah foto Barack Obama dan US Capitol yang sengaja gue print terus gue laminating. Setiap sebelum tidur, gue cium kedua foto tersebut sebari berucap "Suatu hari nanti gue pasti ke Amerika"

Masuk Kuliah Masih Belum Menyerah

2014 luluslah gue dari SMA. Singkat cerita diterimalah gue di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta melalui jalur undangan. Karena obsesi gue terhadap Amerika belum padam saat itu, akhirnya gue tetap berusaha mencari banyak informasi mengenai program-program ke Amerika. Setelah itu gue menemukan satu program namanya UGRAD (kalian bisa search di google ya) pokoknya kuliah singkat 1 tahun di Amerika. Gue coba tapi berkas saja udah gagal... Jujur ya saat itu gue udah ngerasa udah rada capek. Cuman karena masih semester-semester muda terus gue mikir "Perjalanan gue di kampuskan masih panjang, kenapa gue nyerah?"Karena begitu, akhirnya gue gak pernah berhenti untuk terus mencari informasi.

Akhirnya Gue Apply YSEALI tapi Gagal 2x

Tahunpun berganti akhirnya, dan ketika masuk tahun 2015 gue dapet satu info soal YSEALI (Young Southeast Asia Leaders Initiative) Academic Fellow, yaitu suatu program yang diinisiatori oleh former president Amerika Serikat Barack Obama khusus untuk anak muda yang aktif di kegiatan sosial di Asia Tenggara. Untuk detailnya coba kalian kunjungi YSEALI Academic Fellow biar lebih mantap infonya. Gue apply YSEALI dua kali dan waktu itu selalu gagal, sampai akhirnya percobaan gue yang ketiga kali itu udah benar-benar "pasrah" banget. Sampe dipikiran gue bilang "Tuhan kalo ini gagal gue gak akan pernah apply beasiswa lagi untuk ke Amerika". Nah percobaan gue yang ketiga itu sekitar bulan April 2017. Tapi memang ya Tuhan udah punya rencana yang indah, disaat gue udah pasrah banget tiba-tiba email pemberitahuan kalo gue masuk ke tahap interview tiba-toba hadir pada saat bulan puasa

Post a Comment

0 Comments

close