10 Tips Lolos YSEALI Academic Fellowship 2020-2021

10 Tips Lolos YSEALI Academic Fellowship 2020-2021


 

Apa itu YSEALI Academic Fellowship Program Amerika Serikat ?

Secara gamblangnya program ini adalah program yang dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat semasa kepemimpinan Barack Obama. Tujuan dari program ini adalah untuk mempererat hubungan antara Amerika Serikat dan negara-negara di ASEAN melalui pemberdayaan para pemuda yang memiliki kontribusi terhadap negaranya melalui kegiatan sosial ataupun kegiatan lain yang memiliki dampak positif terhadap perkembangan masyarakatnya. Program ini nantinya akan memilih anak muda untuk diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk belajar di salah satu kampus di sana selama kurang lebih 5 minggu. Untuk informasi detail soal program ini silakan kunjungi link ini

Apakah program YSEALI Academic Fellowship ini fully funded?

Program YSEALI Academic Fellowship ke Amerika Serikat ini 100% bersifat fully funded, alias seluruh biaya akan ditanggung oleh pihak pemerintah Amerika Serikat, dimulai dari tiket pesawat dari Indoonesia- Amerika - Indonesia, uang saku, akomodasi, uang jajan, uang buku, tiket pesawat lokal baik di Amerika maupun di Indonesia. Misalnya kamu berasal dari Papua dan harus ke Amerika dari Jakarta, maka biaya tiket pesawat dari Papua ke Jakartapun akan dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat. 

10 Tips Lolos YSEALI Academic Fellowship 

Nah sebelum kamu membaca beberapa tips dari kami tentang YSEALI Academic Fellowship, kami ingin menghimbau kepada kamu semua bahwa tips yang kami share ini mutlak dari opini pribadi salah satu penerima YSEALI Academic Fellowship tahun-tahun sebelumnya. Jadi tips ini bukan dari pihak penyelenggara, tapi mudah-mudahan tips ini bisa sedikit membantu kamu jika berencana untuk mendaftar program ini. Baiklah langsung saja, berikut adalah 10 tips lolos YSEALI Academic Fellowship : 

1. Pahami program secara detail

Mengikuti semua bentuk beasiswa termasuk program YSEALI Academic Fellowship langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membaca semua informasi tentang beasiswa tersebut secara sangat detail. Misalnya perihal persyaratan, kemudian target dari beasiswa ini menyasar untuk kalangan mana, dan kira-kira sebenarnya peserta seperti apa yang program ini butuhkan. Karena banyak sekali orang yang ketika mendaftar suatu beasiswa mereka terlalu tergesa-gesa dan menganggap bahwa dirinya sudah paham betul padahal nyatanya belum tentu. Contohnya saja masih ada saja pendaftar beasiswa yang lupa untuk mensubmit berkas yang diwajibkan oleh program yang diapply. Hal seperti ini harus diperhatikan secara serius, termasuk ketika kamu ingin mendaftar program YSEALI Academic Fellowship karena bagaimana penyeleksi akan memilih kamu sedangkan berkas saja kamu lupa.

2. Cari alumni sebelumnya

Dipoint pertama saya kami sudah jelaskan bahwa kita harus memahami program beasiswa yang kita apply dalam hal ini adalah YSEALI Academic Fellowship, salah satu yang  harus dipahami adalah peserta yang seperti apa yang program ini inginkan. Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mencari alumni sebelumnya. Kamu bisa cari via internet misalnya via facebook atau Linkedin dengan memasukan kata kucni YSEALI Academic Fellowship biasanya nanti akan muncul akun-akun yang ada sangkuat pautnya dengan program tersebut. Lebih beruntung lagi jika kamu memiliki kerabat, atau teman yang sebelumnya sudah pernah lolos program ini. Yang kamu harus tanyakan atau lihat adalah profile dari orang tersebut. Misalnya background pendidikan, kegiatan sosial yang dijalani dan kegiatan lainnya. 

3. Jangan tunggu mendekati deadline penutupan

Kami pribadi masih melihat banyak orang ketika akan mendaftar beasiswa mereka pasti mengirimkan berkasnya mendekati deadline penutupan. Padahal ini sebuah langkah yang kurang tepat, saran dari kami adalah jangan pernah menunda sesuatu. semakin cepat mendaftar maka semakin baik. kenapa begitu? dengan mengirimkan berkas diawal-awal maka kesempatan kita untuk lebih terlihat antusias oleh para penyeleksi itu akan semakin besar. Selain itu, berkas-berkas yang dikirimkan diawal biasanya akan dilihat secara detail oleh para tim penyeleksi. Oleh karena itu sangat penting untuk kamu untuk tidak menunggu deadline untuk mendaftar program YSEALI Academic Fellowship.

4. Perbanyak pengalaman

Program YSEALI Academic adalah program beasiswa yang menyasar pemuda yang memiliki kontribusi bagi lingkungannya. Hal ini akan terlihat dari esai yang ditulis dan pengalaman yang disebutkan pada formulir online. Sangat penting untuk kamu untuk memperbanyak pengalaman misalnya pengalaman organisasi, pengalaman volunteer, pengalaman kerja dan pengalaman magang. 

5. Cantumkan pengalaman yang relevan

Nah tips yang keenam selain kamu harus memperbanyak pengalaman, namun juga kamu harus mencantumkan pengalaman yang relevan. maksudnya gimana? nah ketika kamu mendafar program YSEALI Academic Fellowship Program biasanya kamu akan diminta satu bidang fokus kamu (ada tentang civic engagement, kewirausahaan, isu lingkungan dan pemerintahan) nah pengalaman kamu seperti pengalaman organisasi, pengalaman volunteering, magang dll harus berkaitan satu dengan yang lainnya. Misalnya, kamu fokus di isu kesehatan maka pengalaman yang harus dicantumkan juga bagusnya harus berkaitan dengan kesehatan. Jangan sampai tidak relevan, misalnya kamu memilih fokus kesehatan namun dibeberapa kolom pengalaman kamu malah mencamtumkan pengalaman yang tidak ada kaitannya dengan kesehatan. 

6. Carilah orang yang bisa memberikan kamu recommendation letter yang detail

Nah salah satu syarat dari mendaftar program YSEALI Academic Fellow itu adalah kamu harus mencantumkan beberapa surat rekomendasi. Surat rekomendasi bisa dari dosen, ketua organisasi ataupun atasan dimana kamu kerja. Nah jangan sampai asal-asalan juga membuat surat rekomendasi, karena ini adalah hal yang sangat penting juga. Kamu harus bisa memilih orang untuk membuatkan surat rekomendasi untuk kamu secara detail. Misalnya, orang yang merekomendasikan kamu benar-benar paham apa yang sedang atau pencapaian yang sudah kamu raih dan kenapa program YSEALI Academic Fellow ini sangat dibutuhkan oleh kamu. 

7. Buatlah esai yang berbobot dan terukur

Dalam pendafataran program YSEALI Academic Fellowship biasanya kamu akan diminta untuk membuat esai sebanyak 350 kata. Sedikit bukan? tapi jangan dikira, biasanya esai yang sedikit justru kadang kala akan lebih sulit. Kenapa? karena dengan 350 kata kamu harus bisa meyakinkan penyeleksi supaya memilih kamu sebagai salah satu peserta yang lolos. Nah dalam esai ini biasanya kamu akan diminta menuliskan projek yang sedang kamu kerjakan lalu kenapa program YSEALI Academic Fellow ini berguna untuk mau. Saran dari kami adalah, dalam menjelaskan projek yang sedang kamu kerjakan, misalnya kamu adalah seorang founder dari Taman Baca, nah dalam menjelaskan projek tersebut kamu harus bisa jelaskan alasan kenapa kamu mendirikan Taman Baca, untuk menuliskan alasannya kami sarankan kamu untuk memakai data. Misalnya di Indonesia dari sekian juta anak-anak masih banyak anak-anak yang tidak memiliki fasilitas membaca. Lalu pentingnya program YSEALI ini untuk projek kamu misalnya untuk meningkatkan kerja sama dengan pihak lain agar projek Taman Baca kamu  bisa lebih besar dan dampaknya juga semakin luas. 

8.Kuasa berkas

Menguasai berkas yang kita sudah submit itu 1000% wajib banget. kenapa? karena ini akan berguna untuk tahapan interview, nantinya jika kamu lolos ke tahap interview para intervieweer juga akan banyak bertanya soal berkas yang sudah kamu submit dan bahkan akan ditanya lebih detail lagi. Nah diahap interview inilah kamu harus bisa memastikan bahwa seluruh berkas yang sudah kamu submit memang asli adalah berkas kamu. Alias bukan hasil dari berbohong, oleh karena itu harus dikuasai secara mendalam.

9. Prediksi pertanyaan pada tahap interview

Memprediksi pertanyaan yang sekiranya akan muncul pada saat interview itu sangat penting loh. Karena jika sudah diprediski kamu akan lebih gampang dan nyaman ketika dicecar banyak pertanyaan oleh para interviewer. Nah gimana sih cara memprediksi pertanyaan? caranya adalah dengan melihat berkas yang sudah kamu submit ditahap pertama. Baca berkas itu secara mendalam dan tuliskan kira-kira apa saja pertanyaan yang akan muncul dari sana. Ini tips yang sudah admin lakuin ketika terpilih menjadi salah satu penerima YSEALI Academic Fellowship, jadi waktu itu admin menuliskan sekitar 30 prediksi pertanyaan dan ternyata 90% keluar semua. 

10. Berdoa dan jangan putus asa jangan juga over confidance 

Tips kesepuluh ini adalah salah satu tips yang gak kalah pentingnnya. Kenapa? bagi teman-teman yang beragama jelas berdoa adalah kekuatan, begitupun dengan tidak putus asa adalah kekuatan supaya tidak gampang menyerah jika kamu belum lolos. Namun selain itu juga kamu tidak boleh terlalu over confidance, maksudnya gimana? Maksudnya kamu terlalu menganggap diri kamu tidak memiliki kekurangan, padahal orang yang mendaftar program inituh biasanya sampai 1000 peserta loh dan dipilih hanya sekitar 20 orang per negara. Jika nantinya kamu tidak lolos jangan sampai terucap "Kok saya tidak lolos, padahal berkas saya bagus, kurang apa coba" harusnya ketika tidak lolos, maka kita harus melakukan intropeksi terhadap berkas ktia bukan menganggap berkas kamu tidak memiliki kekurangan. Admin sendiri sudah gagal 2 kali, dan  dipercobaan ketiga kalinya baru berhasil. Dan yang admin lakuin adalah melakukan screening terhadap berkas terdahulu, kira-kira apa yang kurang dll dan nantinya diperbaiki ketika mendaftar dipriode selanjutnya. 

Post a Comment

1 Comments

Unknown said…
Maaf sebelumnya Min, mau tanya. YSEALI biasanya buka pada bulan apa ya setiap tahunnya?
close