7 Tips Interview Beasiswa Luar Negeri

7 Tips Interview Beasiswa Luar Negeri

 


Tips interview beasiswa luar negeri

Halo teman-teman, dalam artikel ini saya akan berbagi beberapa tips dalam mengikuti interview beasiswa luar negeri. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika mendapatkan beasiswa untuk program pertukaran pemuda ke Amerika Serikat, jadi tips ini bisa saja dengan tips-tips penerima beasiswa lainnya. Oh iya, saya berharap tips ini bisa sedikit membantu teman-teman ketika nanti lolos masuk tahap interview ya. Berikut adalah beberapa tips dalam mengikuti interview beasiswa luar negeri :

1. Kuasai berkas tahap awal

Sebelum kita ditanyatakan masuk ketahap interview, sudah jelas kita akan melewati tahap berkas. Bagi saya pribadi, tahap pertama atau tahap berkas adalah tahap paling sulit dan menantang. Pasalnya kita harus bisa meyakinkan penyeleksi untuk memilih berkas kita yang nantinya berlanjut ke tahap interview. Nah jika kalian sudah masuk ke tahap interview, menguasai semua berkas yang sudah disubmit pada tahap pertama WAJIB hukumnya. Kenapa? Karena biasanya tahap interview itu bisa disebut sebagai tahap “Konfimasi” dan “Penggalian”. Yang saya maksud tahap konfimasi adalah, interviewer ingin tahu apakah semua hal yang kita tulis atau cantumkan ditahap berkas adalah benar-benar diri kita yang menulisnya atau kita malah mengarang saja. Selain itu, ditahap interview, para interviewer akan menggali lebih dalam lagi tentang berkas yang sudah kita kirimkan pada tahap pertama. Oleh karena itu, dalam tips interview beasiswa kali ini hal yang harus disiapkan dengan matang adalah menguasai secara detail semua yang sudah kita tulis pada tahap pertama.

2. Prediksi pertanyaan

Memprediksi pertanyaan apa yang kira-kiranya akan muncul pada saat interview sangatlah penting. Jika sudah diprediksi otomatis kita akan berusaha untuk mempersiapkan jawabannya. Dan ketika pertanyaan yang sudah kita prediksikan muncul, akan lebih mudah bagi kita untuk menjawab pertanyaannya. Lalu bagaiman cara memprediksi pertanyaannya? Caranya adalah dengan membaca semua tulisan atau berkas yang sudah kita submit pada tahap awal. Setelah itu, petakan satu-satu dari berkas-berkas itu dan darisanalah kita bisa menuliskan apa-apa saja kira-kira pertanyaan yang sekiranya akan muncul. Ingat ya teman-teman, pertanyaannya harus ditulis jangan hanya disimpan dikepala saja, karena kadang mudah untuk lupa. Oh iya saja juga ingin membagikan beberapa tips dan pengalaman ketika saya mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat, silakan teman-teman bisa klik link dibawah ini : 

    a. 10 tips lolos beasiswa YSEALI Academic Amerika : Click here

    b. 5 tips membuat surat rekomendasi beasiswa : Click here

    c. Pengalaman mendapatkan beasiswa YSEALI Amerika : Click Here

3. Update berita terkini

Tips interview beasiswa luar negeri selanjutnya adalah selain memahami berkas yang sudah kita submit pada tahap pertama, melakukan update berita terkini juga sangat penting. Biasanya dalam beberapa interview beasiswa para interviewer akan menanyakan suatu isu terbaru yang terjadi di Indonesia maupun di luar Indonesia. Nah oleh karena itu akan menjadi sangat penting ketika kita membiasakan membaca berita lokal maupun internasional secara rutin. Nah jika kita ditanya soal suatu isu, lalu bagaimana kita harus menjawabnya? Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjawab pertanyaan atau merespon isu tersebut sesuai background kita. Misalnya, kamu ditanya soal perubahan iklim, nah sedangkan background kamu adalah isu anak atau kamu bekerja di sebuah organisasi yang fokus pada isu anak. Tentu saja kamu bisa mengaitkan isu perubahan iklim atau climate change dengan isu anak, misalnya salah satu dampak dari climate change bisa meningkatkan pernikahan anak karena di beberapa daerah salah satu dampak dari climate change adalah longsor. Longsor yang menimpa keluarga miskin misalnya bisa menyebabkan orangtua memaksa anaknya untuk menikah pada usia anak-anak karena sudah tidak sanggup lagi membiayai anaknya.

4. Jadilah dirimu sendiri

Maksudnya jadi dirimu sendiri pada saat interview itu gimana? Jadi begini, kadang interviewer itu akan menanyakan tentang kekurangan dan kelebihan kamu. Nah tentunya dalam menjawab pertanyaan ini kamu diharapkan harus menjadi diri kamu, maksudnya kamu harus benar-benar mengenali diri kamu dan bagaimana kamu mengatasi apa-apa saja yang dianggap sebagai kekuranganmu. Misalnya saja, kekuranganmu adalah “terlalu banyak mengikuti kegiatan organisasi sehingga tidak bisa mengatur waktu untuk kegiatan lainnya” jika kamu sudah mengidentifikasi kekurangan kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah bagaimana mensiasati itu. Caranya kamu harus mencari problem solvingnya, misalnya karena terlalu banyak kegiatan yang kamu ikuti, jadinya membuat jadwal kamu tidak tertata, oleh karena itu solusinya adalah “kamu harus membuat skala prioritas”.

5. Latihan berbicara depan cermin

Latihan berbicara depan cermin sebelum pelaksanaan interview sangat penting loh dan tentunya ini menjadi salah satu tips interview beasiswa luar negeri yang penting. Kadangkala meskipun kita sudah terbiasa berbicara depan umum, namun bukan tidak mungkin kita mengalami rasa nervous atau grogi ketika dihadapkan dengan para interviewers. Rasa grogi bisa saja datang tanpa bisa kita prediksi, oleh karena itu slaah satu cara untuk mensiasatinya adalah melakukan latihan di depan cermin semaksimal mungkin. Anggap saja orang yang ada dicermin adalah interviewer kita pada saat nanti kita akan diwawancarai untuk beasiswa.

6. Santai dan senyum

Pada saat diinterview sangat penting bagi kita untuk tidak gugup, usahakan untuk tetap tenang dan tersenyum. Disatu moment, sangat penting bagi kita untuk menganggap interviewer adalah teman kita atau orang yang sudah kita kenal sebelumnya, agar perbincangan berjalan dengan baik atau tidak kaku. Nah kalian bisa mengambil nafas dulu sebelum masuk ke ruangan dan lepaskan dulu masalah-masalah yang ada dibenak kalian lalu fokus pada sesi interview agar perbincangan kalian nantinya lebih terarah. Oh iya bagi saya, santai dan senyum juga sangat berguna agar perbincangan kita dengan interviewer terasa lebih akrab. Misalnya saja ketika kita berbicara dengan orang yang jutek, pastikan ada rasa kurang nyaman, nah sama halnya ketika kita dalam posisi interview beasiswa.

7. Berpakaian rapi

Pada saat sesi interview beasiswa, ada lembaga beasiswa yang mengharuskan memakai pakaian tertentu ada yang tidak asalkan sopan. Berpakaian sopan dan rapi saat interview memang sangat penting, karena penampilan yang baik bisa memperlihatkan keprofesionalan kita dalam sesuatu hal. Jika kamu datang dari tempat yang jauh misalnya ke tempat interview lalu membuat penampilan kamu kurang rapi, saya sarankan untuk membawa pakaian ganti, makeup dan yang lainnya untuk membenahi penampilan kita supaya lebih fresh. Biasanya berdasarkan pengalaman saya pribadi, penampilan yang rapi dan fresh juga bisa membuat kita lebih percaya diri saat berbicara dengan interviewer.


Post a Comment

0 Comments

close