5 Tips Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa Beserta Contohnya

5 Tips Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa Beserta Contohnya

 

Halo teman-teman semua, hari ini kami mau share tentang beberapa tips membuat surat rekomendasi beasiswa untuk apply beasiswa. Surat rekomendasi beasiswa adalah salah satu surat paling penting ketika akan melamar sebuah beasiswa, baik beasiswa dalam negeri, luar negeri, beasiswa pertukaran dan lain sebagainya. Selain itu surat rekomendasi inipun menjadi sangat penting untuk menunjukan bahwa semua pencapaian atau projek yang sedang kita kerjakan ada pihak yang mengakui secara resmi salah satunya adalah orang yang akan memberikan surat rekomendasi untuk kita karena kita dianggap layak untuk mendapatkan beasiswa yang kita apply.

Tips membuat surat rekomendasi beassiswa

Perlu kami himbau bahwasanya tips yang kami berikan kepada teman-teman ini adalah mutlak sesuai dengan apa yang sudah dilakukan oleh pengurus website Acep Gates ini. Jadi tips ini diberikan atas dasar pengalaman pribadi salah satu admin yang pernah mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat. Berikut adalah 5 tips membuat surat rekomendasi beasiswa :

1. Tentukan orang yang bisa memberikan kamu surat rekomendasi beasiswa

Menentukan orang yang bisa dimintai untuk membuat surat rekomendasi beasiswa memang tidak boleh sembarangan, dan tentunya tidak boleh dari kalangan keluarga kita. Bagi kamu yang masih kuliah atau baru lulus kuliah, kamu bisa minta ke dosen kamu namun jika kamu sudah bekerja dan lulus kuliah pula lalu aktif di organisasi kamu bisa minta kesemua orang. Misalnya kamu minta untuk dibuatkan surat rekomendasi ke dosen kamu, atasan kamu di perusahaan kamu dan founder organisasi yang kamu pernah atau sedang aktif disana. Tapi tentunya meskipun demikian, kamu harus memilih orang yang betul-betul memahami dan tahu perihal track record kamu, misalnya dosen kamu yang tahu tentang pencapaian kamu selama di kampus dan luar kampus. Oh iya saja juga ingin membagikan beberapa tips dan pengalaman ketika saya mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat, silakan teman-teman bisa klik link dibawah ini : 

    a. 10 tips lolos beasiswa YSEALI Academic Amerika : Click here

    b. 5 tips membuat surat rekomendasi beasiswa : Click here

    c. Pengalaman mendapatkan beasiswa YSEALI Amerika : Click Here

    d. 7 tips interview beasiswa luar negeri : Click Here

2. Tulis surat rekomendasi dengan sangat detail 

Menulis surat rekomendasi secara detail maksudnya bagaimana? Banyak para recommender yang hanya membuatkan surat rekomendasi dengan sangat gamblang dan kurang detail. Misalnya, dosen kamu membuatkan surat rekomendasi untuk kamu, dan dia hanya menuliskan bahwa "kamu itu pintar" tentu saja pintar yang dimaksud tidaklah jelas. Pintar dalam hal apa? namun surat rekomendasi yang baik adalah surat yang isinya bisa menjelaskan detail tentang kegiatanmu dan serta ada kaiatannya antara kamu dan orang yang memberikan surat rekomendasi untuk kamu. Misalnya, orang yang memberikan kamu surat rekomendasi adalah dosen pembimbing kamu. Maka isi surat rekomendasinya misalnya "Kamu adalah mahasiswa yang cerdas, selalu mengulik banyak pertanyaan dari skripsi yang sedang kamu buat, disamping itu kamu juga punya banyak prestasi di luar kampus yang tentunya sangat berguna untuk reputasi kampus"

3. Isi surat rekomendasi harus berkaitan dengan program yang diapply 

Selain harus detail, isi surat rekomendasi juga harus memiliki kaitan dengan program yang kita apply. Hal ini menjadi sangat penting karena biasanya didalam surat rekomendasi akan diceritakan apa-apa saja yang sudah kita lakukan atau pencapaian apa saja yang kita dapatkan lalu apakah ada kaitannya dengan program atau beasiswa yang kita apply atau tidak. Contohnya : recommender menuliskan seperti ini "Acep adalah mahasiswa yang memiliki banyak prestasi misalnya secara akademik IPK nya selalu diangka 4, selain itu ia juga adalah seroang pendiri dari yayasan anak bernama AAAA oleh karena itu saya sebagai orang yang merekomendasikan Acep sangat yakin bahwasanya program BBB akan sangat membantu yayasan yang Acep dirikan"

4. Ceritakan kelemahan dan kelebihanmu 

Sebagai seorang manusia, tentu saja kita memiliki kelemahan dan kelebihan. Nah hal inipun sangat penting untuk dijelaskan dalam surat rekomendasi. Misalnya "Selain Acep adalah seorang mahasiswa yang aktif, namun salah satu kekurangan dari Acep adalah kurangnya penjadwalan yang baik untuk mengatur aktifitasnya, namun akhrinya Acep membuat skala prioritas untuk menyeimbangkan kegiatannya" jadi meskipun ada kekurangan yang diceritakan namun disebutkan juga problem solvingnya seperti apa. Oleh karena itu perlu dipahami, bahwa menyebutkan kekurangan kita bukan hanya menyebutkannya saja namun harus disebutkan pula solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. 

5. Buatlah surat rekomendasi yang tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang

Biasanya setiap kali kita mendaptar beasiswa, para penyedia beasiswa akan memberikan ketentuan berapa banyak atau panjang surat rekomendasi yang bisa kita buat. Biasanya panjang surat rekomendasi adalah 1-2 halaman (ukuran A4) namun jika penyedia beasiswa tidak memberikan ketentuan apapun, saran dari kami adalah tulislah surat rekomendasi tidak lebih dari 2 halaman. Usahakan membuat surat rekomendasi yang padat, tidak terlalu panjang dan jelas. 

Contoh surat rekomendasi

Nah ada bonus nih untuk teman-teman, kami disini akan memberikan contoh surat rekomendasi yang pernah digunakan oleh salah satu admin dan surat rekomendasi ini tembus untuk mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat. Silakan download : 

Surat rekomendasi 1 : Download

Surat rekomendasi 2 : Download 

Post a Comment

0 Comments

close